Dukung UKM-UMKM, Bos Alfamart Masuk 10 Besar Orang Terkaya Indonesia 2021

Sahabatukm.com – Bos ritel Alfamart yang aktif mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil (UKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masuk dalam 10 besar orang terkaya Indonesia 2021.

Daftar itu dirilis Forbes. Di dalam daftar tersebut, Bos Alfamart Djoko Susanto berada diurutan ke 9 dengan kekayaan 2,3 miliar dollar AS atau Rp 33,35 triliun dari ritel yang dikelolanya.

Forbes terus memperbarui kepemilikan masing-masing individu terhadap perusahaan publik setiap lima menit setelah pasar saham dibuka.

Sementara, untuk individu yang nilai kekayaannya terikat pada perusahaan yang tidak tercatat di pasar saham akan diperbarui 24 jam sekali.

Berdasarkan data Forbes, hingga saat ini Hartono bersaudara masih menduduki posisi teratas di dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Budi Hartono pada hari ini, Kamis (29/7/2021) tercatat memiliki harta senilai 18,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 263,9 trilliun. Jumlah tersebut mengalami koreksi 30 juta dollar AS bila dibandingkan dengan sehari sebelumnya.

Sementara Michael Hartono tercatat memiliki nilai kekayaan sebesar 17,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 253,75 triliun.

Budi Hartono merupakan pemilik dari Bank Central Asia (BCA) dan perusahaan rokok Djarum. Saudaranya, Michael Hartono juga sebagian besar kekayaannya bersumber dari investasi di BCA dan Djarum.

Pada daftar orang terkaya di Indonesia tersebut, ada nama baru yang masuk pada posisi lima teratas, yakni Jerry Ng.

Bankir senior tersebut menduduki posisi nomor 5 orang terkaya di Indonesia, dengan total nilai kekayaan mencapai 4,8 miliar dollar AS atau sekitar 69,6 triliun.

Saat ini, Jerry Ng menduduki posisi yang sebelumnya ditempati oleh Chairul Tanjung yang saat ini menduduki posisi orang terkaya Indonesia nomor 6.

Forbes mencatat, dalam sehari, harta kekayaan Jerry Ng bertambah Rp 3,19 triliun.

Mantan Direktur Utama Bank BTPN (Persero) Tbk tersebut pun baru memulai debutnya di daftar orang terkaya di Indonesia pada tahun 2020 lalu. Kala itu, ia menduduki posisi nomor 44 dengan nilai kekayaan sebesar 600 juta dollar AS.

Artinya, tidak ada satu tahun, nilai kekayaan Jerry Ng telah meningkat hingga 7 kali lipat.

Berikut daftar terbaru 10 orang terkaya di Indonesia sekaligus sumber kekayaannya:

R Budi Hartono 18,2 miliar dollar AS atau Rp 263,9 triliun (perbankan dan rokok)

Michael Hartono 17,5 miliar dollar AS atau Rp 253,75 triliun (perbankan dan rokok)

Sri Prakash Lohia 6,2 miliar dollar AS atau Rp 89,9 triliun (petrokimia)

Prajogo Pangestu 5,6 miliar dollar AS atau Rp 81,2 triliun (petrokimia)

Jerry Ng 4,8 miliar dollar AS atau Rp 69,6 triliun (perbankan)

Chairul Tanjung 4,0 miliar dollar atau AS Rp 58 triliun (perbankan, hypermarket, dan media)

Eddy Kusnadi Sariaatmadja 3,6 miliar dollar AS atau Rp 52,2 triliun (media dan teknologi)

Keluarga Tahir 3,4 miliar dollar AS atau Rp 49,3 triliun (perbankan, kesehatan, dan real estat)

Djoko Susanto 2,3 miliar dollar AS atau Rp 33,35 triliun (ritel)

Mochtar Riady dan keluarga 2,1 miliar dollar AS atau Rp 30,45 triliun (ritel, real estat, kesehatan, media, dan pendidikan). ***