Busyet, Papan Catur Termahal di Dunia Dibandrol Rp 28 Miliar

Sahabatukm.com – Permainan catur kini populer lagi buntut, polemik dewa kipas dan pecatur dunia. Penjualan papan catur hasil para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pun ikut terangkat. Bahkan ada papan catur termahal di dunia.

Ternyata papan catur itu punya banyak bentuk dengan harganya yang bervariasi. Bahkan ada papan catur dengan harga termahal di dunia. Papan ini dibandrol Rp28 miliar, busyet!

Seperti apa sih dan terbuat dari apa papan catur termahal itu?

Catur adalah salah satu board game paling populer selama berabad-abad lamanya. Asal-usul permainan ini mungkin belum bisa dipastikan hingga sekarang.

Namun, sejarah membuktikan bahwa permainan ini sudah ada sejak 1.500 tahun yang lalu. Peraturannya sederhana. Membuat permainan ini bisa dimainkan oleh semua orang. Tua atau muda. Kaya atau miskin. Pria dan wanita.

Setidaknya ada Lima papan catur sebagai papan termahal dan terindah di dunia.


1. Silver Jubilee Chess Set – Rp1,2 Miliar

Papan Catur buatan tangan ini dibuat oleh Geoffrey Parker untuk acara Queen’s Jubilee ratu Elizabeth II. Set papan catur ini berbahan utama silver murni dan dilapisi emas 18 karat pada bagian atas, coba kalian bayangkan, betapa memukaunya set papan catur ini. Selain dari bahan material yang spesial, harga set papan catur ini semakin meninggi ketika berhasil memenangkan The Design Council Award yang diadakan di London. JIka kalian mau, Set papan catur ini dapat di pesan secara costum kalian bisa meminta secara khusus tambahan material untuk memperindah set papan catur ini, tentu saja, untuk meminta set papan catur dengan desain khusus ini membutuhkan dana lebih juga. bahan-bahan material yang di sediakan untuk di coustum ada sterling silver-gult dan solid gold. Bagaimana? masih bilang catur itu permainan orang kolot? coba pikir ulang, deh.

2. Carolingi XIV Chess Set – Rp1,8 Miliar

Papan catur yang penuh dengan kemewahan ini dibuat oleh Piero Benzoni. Set buah catur pada papan ini dibuat mirip seperti pasukan militer Carolingian. pasukan militer carolingian adalah pasukan tempur pada abad ke-7 yang dimiliki oleh negara Franka (CIkal bakal negara Perancis dan Jerman). Set papan catur ini dibuat dari material perunggu murni dan detail dari set ini dilapisi oleh Emas 24 karat dan silver. Permukaan papan catur Carolingian set ini dibuat dari bahan marbel dan pola kotak-kotak pada papan ini dilapisi dengan emas dan silver. tidak heran jika set catur ini sangat mahal, karena selain dibuat dengan material yang khusus, set papan catur ini juga mengandung unsur sejarah.

3. Baccarat Crystal Chess Set – Rp4,5 Miliar

Pada acara 250 tahun peringatan Baccarat Luxury Glassware Company, papan catur ini didesain dan dibuat. Baccarat adalah perusahaan kristal yang berlokasi di Baccarat, Perancis. Pada tahun 1764 Raja Perancis Louis XV mendirikan sebuah perusahaan bernama Baccarat, perusahaan ini pertama kali bergerak dalam bidang pembuatan barang-barang yang terbuat dari kaca. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini berkembang menjadi pembuat barang-barang berbahan kristal. Salah satu masterpiece dari perusahaan ini adalah set papan catur Baccarat Crystal. Set catur ini adalah buatan tangan menggunakan bahan Crlear Crystal dan Minding Blue Crystal.

4. Art of War Chess Set – Rp11 Miliar
Chess Board-4

Tema utama dari set papan catur ini adalah kerajaan-kerajaan asia pada jaman dinasti. Set Sun Tzu’s Art of War ini dibuat oleh buatan tangan Victor F. Scharstein, material yang digunakan untuk membuat papan catur ini adalah emas murni dan Ebony wood, sedangkan, material yang digunakan untuk buah caturnya menggunakan beberapa batu mulia seperti rubi, safir, batu zamrud atau emerald dan permata.

5. Jewel Royale Chess Set – Rp28 Miliar
Chess Board-5

Set papan catur ini sungguh sangat tidak masuk akal, harga yang begitu tinggi menjadikan set papan catur ini menjadi yang termahal di dunia. Set papan catur ini dibuat oleh dua perusahaan perhiasan terkemuka yaitu Boodles dan Jewel Royale. Tidak heran jika set ini menjadi yang termahal, menurut kabar yang beredar harga satu buah catur raja sendiri seharga satu mobil sport mewah, desas-desus harga dari sang raja sendiri bisa sampai Rp.900 Juta – Rp. 2 Miliar, jadi harga satu set buah caturnya saja diperkirakan bisa mencapai Rp. 15 Miliar. Karena ini buatan tangan, jika kamu memesan set papan catur ini bisa memakan waktu 4 bulan untuk pembuatan dan pengiriman. ***