Contoh Proposal Pinjaman UKM di Bidang Usaha Perbengkelan. Tertarik?

Sahabatukm.com – Ingin punya Usaha Kecil Menengah (UKm) di bidang perbengkelan? butuh pinjaman modal perbankan? Proposal adalah salah satu langkah yang harus Anda tempuh.

Proposal usaha perbengkelan salah satunya bengkel motor biasanya berisi informasi detail konsep perbengkelan secara keseluruhan usaha yang akan kita bangun di bidang perbengkelan itu.

Melansir dari Modifikasi.co.id Jika anda mencari contoh proposal usaha perbengkelan sebagai contoh yakni sepeda motor mungkin referensi dibawah ini bisa membantu anda semuanya di bidang perbengkelan.

Dengan referensi perbengkelan di bawah ini harapanya bisa mempermudah anda dalam proses pengajuan pinjaman bantuan kredit di bank atau mau cari modal yang lain untuk usaha perbengkelan asalkan tidak terikat dengan riba, karena apabila usaha kita terdapat riba maka sangat berbahaya bagi pertumbuhan usaha kita.

Contoh surat permohonan pinjaman

Kepada Yth,

Bapak Pimpinan Bank ……(Tujuan Bank)

Di Tempat

Perihal: Permohonan Pinjaman Dana

Dengan Hormat,

Bersama surat ini kami akan jelaskan beberapa hal di dalam proposal tentang studi kelayakan usaha dalam bidang Bengkel Sepeda Motor. Usaha Bengkel Sepeda Motor yang kami bangun ini adalah Usaha yang sedang kami jalankan bersama team dan mulai berkembang. Tempat Bengkel yang kami bangun ini berada di Lokasi usaha yang sangat strategis karena terletak di daerah yang lumayan cukup banyak pengguna atau yang memiliki sepeda motor mulai dari kalangan kelas menengan kebawah hingga kelas menengah keatas,tapi kebanyakan /yang lebih mendominasi adalah anak anak remaja dan dewasa.

Dengan melihat perkembangan pengguna sepeda motor yang ada di Indonesia ini yang tiap tahunnya mengalami peningkatan dan bertambah semakin banyak, maka kami ingin mengembangkan usaha bengkel menjadi lebih besar lagi dan kami juga sudah merincikan berapa total besarnya modal yang kami butuhkan yaitu Rp 90.270.000 (Sembilan puluh juta dua ratus tujuh puluh ribu) sedangkan saat ini kami sudah memiliki modal kurang lebih sekitar Rp 40.000.000 (40.000.000), maka dari total yang kami butuhkan , kami mengalami kekurangan dana investasi yaitu sekitar Rp 50.270.000 (lima puluh juta dua ratus tujuh puluh ribu rupiah) ,sehubungan dengan hal tersebut kami mengharapkan dapat bantuan kredit investasi dari Bank yang Bapak pimpin.

Dibawah ini sebagai bahan pertimbangan dan analisa, kami lengkapi proposal ini dengan hasil analisa dan juga perencanaan sekaligus pengembangan usaha bengkel motor yang kami pimpin.

Demikianlah surat permohonan dari kami , besar harapan kami agar permohonan proposal pengajuan pinjaman dana dari Bank yang bapak pimpin dapat di pertimbangkan dan dikabulkan.

Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat Kami,

*Nama Anda

Analisa Peluang Usaha Bengkel Motor

Sepeda Motor adalah salah satu alat transportasi yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat di indonesia ,sepeda motor sudah menjadi alat kebutuhan sehari hari yang digunakan berbagai aktifitas, mulai dari mengantar anak sekolah , digunakan untuk bekerja *gojek , digunakan unutk pergi kekantor, pergi berangkat kuliah, dan aktifitas lain yang berhubungan dengan sepeda motor. Selain itu motor juga motor dapat digunakan untuk berpergian jarak jauh (touring) , belum lagi komunitas komunitas motor untuk setiap wilayah yang terus semakin berkembang di Indonesia. Motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan karena lebih praktis dan juga dari faktor harga lebih terjangkau dibandingkan kendaran roda empat atau mobil.

Saat ini pemerintahan sudah memutuskan bahwa harga bahan bakar minyak sudah naik, bahkan sudah mencapai 2 kali lipat dari tahun sebelumnya ,hal ini tentunya mengakibatkan permintaan motor yang melonjak tinggi karena semakin banyaknya pengguna sepeda motor yang ada di Indonesia. Otomatis dengan semakin banyak pengguna motor maka kebutuhan akan perbaikan dan juga service sepeda motor akan meningkat drastic juga, dari hal tersebut maka akan muncul peluang usaha yang sangat bagus dan potensial untuk itu kami akan terus mengembangkan usaha bengkel dalam hal pelayanan dan juga kelengkapan sparepart yang kami jual.

Untuk tempat lokasi bengkel motor kami berada di tempat yang tepat sekali karena saya melihat bahwa perkembangan masyarakat di tempat saya tersebut penduduknya semakin meningkat, ditambah lagi dengan berdekatan dengan kampus sehingga pelanggan yang kami dapatkan adalah kalangan mahasiswa,umumnya kalau sudah mendapatkan pelanggan mahasiswa dan pelayanan kita bagus , maka akan mendapatkan promosi dari mulut ke mulut apa lagi mahasiswa biasanya masih aktif dengan beberapa komunitas yang tentunya membantu usaha kami dalam promosi. Masih melihat di sekeliling daerah tempat usaha bengkel motor yang kami bangun setidaknya ada 2 sampai 3 bengkel motor sehingga kompetisinya tidak terlalu sulit

Kepemilikan dan tenaga kerja

Ide usaha

Melihat perkembangan pengguna sepeda motor yang setiap tahunya terus meningkat dan sekarang ini hampir setiap rumah pasti sudah memiliki kendaraan sepeda motor,baik motor matic, motor bebek atau motor sport . Dengan begitu saya mempunyai rencana dan niat yang kuat untuk fokus membangun usaha bengkel motor tersebut. Dengan keterbatasan modal yang kami miliki, saya mengajak beberapa rekan rekan untuk bekerjasama dalam membangun usaha bengkel motor tersebut dan juga pada bank yang bersedia meminjamkan dananya dalam rangkat untuk menutupi biaya yang kami butuhkan dalam investasi keperluang dalam membangun usaha bengkel motor.

Pemilik Usaha

Usaha Bengkel Motor yang kami kelola ini masih perorangan maksudnya pemiliknya masih pribadi dan juga untuk teamnya sendiri sebagian dari saudara dan beberapa teman yang mempunyai kompetensi dibidang otomotif khususnya pada bagian mesin motor dan kelistrikan.

Pimpinan Usaha :

Anggota Team :

Riwayat hidup pemilik

Saya adalah lulusan dari kampus STMIK AMIKOM Yogyakarta dengan gelar sarjana komputer S1. Mempunyai hobbi dibidang motor , dan sudah mulai usaha dibidang motor selama 2 tahun dengan berjualan aksesoris motor dan sparepart motor. Selain itu juga sudah memiliki unit usaha yang lain yaitu Usaha bengkel sepeda motor yang sudah berdiri kurang lebih selama 1,5tahun ,kemudian untuk perkembangannya sendiri karena kami mengandalkan promosi melalui media blog, youtube, social media,SEO dan promosi dari mulut ke mulut alhamdulilah sangat signifikan perkembangan pelanggan yang kami dapatkan . Untuk itu saya memberanikan diri melampirkan izin usaha dalam proposal pengajuan bantuan pinjaman dana pada bank yang bapak pimpin.

Modal Usaha

Modal awal usaha yang sedang berjalan sebesar Rp 40.000.000 (empat puluh juta rupiah).

Keterangan izin usaha

Untuk melengkapi beberapa persyaratan kami juga melampirkan keterangan izin usaha di dalam proposal pengajuan bantuan dana Pinjaman yang bisa dilihat dibawah ini :

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
SIUP (Surat Izin Usaha Pengusaha)
TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
Kartu tanda penduduk (KTP)
Kartu keluarga
Surat Nikah
Surat izin berdomisili
Surat Kesehatan
SKCK

Pelayanan

Untuk layanan yang kami tawarkan kepada konsumen pada sudah bengkel sepeda motor ada beberapa pilihan diantaranya yaitu :

Layanan Service motor ,service motor berat dan service motor ringan
Layanan Ganti Sparepart Motor
Layanan Tune Up Motor
Jual Beli Sparepart motor
Jual Beli Aksesoris Semua Motor
Layanan Jasa Modifikasi Motor
Dan masih ada beberapa lagi layanan usaha bengkel motor yang kami bangun.

Pesaing

Jika melihat pesaing khususnya di tempat lokasi bengkel motor yang kami bangun tersebut yaitu masih terdapat 2 sampai 3 bengkel , dimana masing masing bengkel masih kecil belum terlalu besar dan masing masing bengkel tersebut memiliki segmentasi yang berbeda , contohnya bengkel 1, dia fokus pada bidang modifikasi motor dengan layanannya yaitu memodifikasi motor berdasarkan keinginan konsumen, bengkel 2 yaitu fokus pada layanan jual beli aksesoris motor, dan bengkel 3 hanya fokus tambal ban tubeless.

Dengan melihat masih sedikitnya pesaing atau kompetitor maka hal ini membuat saya memiliki kesempatan untuk membuka bengkel sepeda motor dengan menawarkan berbagai fasilitas dan layanan yang kami berikan kepada konsumen agar pelanggan yang mampir ke bengkel kami puas dan berkunjung kembali ,dengan begitu saya mempunyai keyakinan bisa mengembalikan angsuran pinjaman setiap bulan.

Lokasi dan teknis

Seperti yang saya jelaskan diatas ,bahwa Lokasi usaha bengkel sepeda motor kami yaitu terletak di dekat kampus dimana kebanyakan adalah mahasiswa yang rata rata memiliki kendaraan sepeda motor ,selain itu juga berada di masyarakat yang hampir setiap rumahnya memiliki sepeda motor, sehingga sangat mudah untuk perkembangan usaha bengkel motor yang kami bangun. Untuk biaya teknis dalam hal melengkapi perlengkapan bengkel dan juga untuk perkembangan usahas bengkel ,berikut ini adalah persiapan yang harus saya butuhkan di awal memulainya adalah:

Kontrak Tempat Sewa 5 juta /tahun Rp. 15.000.000
Renovasi Tempat Sewa Rp. 500.000
Mesin Gerinda Tangan Rp. 450.000
Mesin Bor Tangan Rp. 400.000
Mesin Kompresor 1 Unit dan Perlengkapannya Rp. 4.000.000
Perlengkapan Kunci Bengkel Motor 1 Paket Komplit Rp. 5.000.000
Rak Besi 4 Unit,1 Unit 390.000 Rp. 1.170.000
Estalase 3 Unit ,1 unit 750.000 Rp. 2.250.000
Biaya Tidak Terduga Rp. 1.500.000
Total Rp. 30.270.000

Selanjutnya untuk tambahan modal sebagai Modal kerja dan juga untuk biaya operasional pada bulan pertama sebesar Rp 60.000.000.

Jadi total seluruhnya modal yang saya butuhkan adalah:

Biaya teknis dan peralatan sebesar Rp 30.270.000

modal untuk operasional kerja Rp 60.000.000

Total Rp 90.270.000

Sumber dana investasi

untuk dana yang saya total keseluruhannya di atas bersumber dari:

Modal Pribadi Rp 40.000.000

Bantuan Pinjaman dari Bank Rp 50.270.000

Total Rp. 90.270.000

Jaminan Pengajuan kredit ke Bank
Saya juga akan memberikan jaminan sertifikat tanah saya terhadap Bank, dengan menyetujui permohonan bantuan dana yang akan di pinjaman ke saya sebesar Rp 50.270.000 dalam bidang usaha bengkel motor yang sudah kami bangun.

Demikian pengajuan surat proposal usaha Bengkel sepeda motor ,semoga permohonan kami untuk dana pinjaman kredit terhadap Bank di setujui untuk mendapatkan pinjaman tersebut dari bank yang Bapak Pimpin.

Terimakasih,

Hormat kami,
(Nama anda)