Asyik, Ini Cara Baru UKM Ekspor Produk ke Luar Negeri jadi Lebih Simple

Sahabatukm.com – Para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan UMKM kini bisa lebih simple dan mudah untuk melakukan ekspor produknya.

Perusahaan rintisan atau startup Madeinindonesia.com terus melanjutkan fokusnya untuk memfasilitasi pelaku usaha, khususnya usaha kecil mikro (UKM) melakukan ekspor ke mancanegara.

CEO Madeinindonesia.com Ilyas Bhatt mengatakan, untuk membantu pelaku usaha bersaing di ekosistem global yang semakin ketat, pihaknya pun menyediakan layanan pengadaan barang internasional, dengan model business to business atau B2B.

“Kami bekerja sangat keras agar mitra kami di Indonesia bisa bekerja secata cerdas,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (2/3/2021).

Sejak beroperasi pada tahun lalu, startup ini disebut telah memfasilitasi berbagai pengadaan internasional, seperti suplai komoditas pertanian yang nilainya mencapai 10 juta dollar AS.

Lebih lanjut Ilyas menjelaskan, pihaknya memiliki teknologi yang mampu meningkatkan visibilitas global melalui lintas saluran bagi perusahaan-perusahaan dalam negeri.

“Kami mengidentifikasi dan memverifikasi pembeli internasional dengan sangat ketat dan memfasilitasi negoisasi atau bantuan bagi anggota kami,” tuturnya.

Berbagai layanan telah disediakan Madeinindonesia untuk memudahkan penggunanya melakukan ekspor.

“Anggota atau klien kami akan menikmati asuransi, permintaan pembeli yang terjamin, pembiayaan ekspor, layanan jaminan,” ucap Ilyas.

Sementara itu, Kementerian Perdagangan menargetkan setiap tahunnya dapat menciptakan 1.200 pelaku UKM setiap tahunnya. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan ekspor non migas Indonesia.

“Kami menargetkan dapat menciptakan UKM siap sebanyak 1.200 per tahun. sehingga diharapkan 10 tahun ke depan jumlahnya bisa menjadi 100 ribu UKM ekspor yang akan menjadi bagian kontributor peningkatan ekspor non migas dan juga tentunya kepada ekonomi nasional,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Kasan dalam Webinar, Kamis (25/2/2021).

Salah satu cara untuk menciptakan pelaku UKM adalah dengan menggelar Good Design Indonesia. Ajang tersebut merupakan kerja sama Kementerian Perdagangan dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan Japan External Trade Organization (JETRO).

Kasan menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan desain produk Indonesia. Sebab, salah satu permasalahan utama UKM Indonesia dalam ekspor adalah masalah desain yang kurang menarik. ***