Laundry Sepatu Modal Kecil Omset Jutaan Milik Refiandi Riansa. Berminat?

Sahabatukm.com – Laundry sepatu ternyata menggiurkan. Bermodal kecil tapi bisa beromset jutaan. Inilah bisnis milik Refiandi Riansa.

Tak banyak bisnis bermodal kecil yang bisa menghasilkan omzet jutaan rupiah setiap bulannya.

Akan tetapi, hal itu mungkin saja terjadi untuk bisnis satu ini yaitu bisnis jasa cuci atau laundry sepatu. Meski masih terbilang baru, tapi bisnis ini sudah bisa menarik peluang pasar yang cukup besar.

Pemilik New and Clean, Refiandi Riansa (23) sudah membuktikannya. Bisnis laundry sepatu itu ia mulai dengan modal awal Rp 250 ribu, tapi bisa tumbuh berkembang sampai sekarang bahkan pernah mendatangkan omzet hingga Rp 16 juta/bulan.

“(Omzet tertinggi) Rp 16 juta tapi rata-rata biasanya Rp 8 juta/bulan, harian sekitar Rp 600 ribuan,” ungkap Andi kepada detikcom, Jumat (26/2/2021).

Andi pun menceritakan awal mula ia bisa terpikir membangun bisnis laundry sepatu tersebut.

Bermula dari keterbatasan dalam membiayai kuliahnya sendiri saat itu, Andi pun langsung putar otak mencari penghasilan dengan bekerja apa saja.

Saat itu, ia akhirnya mendapat pekerjaan di toko laundry baju. Akan tetapi, karena waktu kerja dan kuliahnya suka bentrok, akhirnya ia memilih resign dan mulai terpikir membuka usaha sendiri.

Kebetulan saat itu ia dapat tugas dari kampusnya tentang kewirausahaan, dan dari situlah ide bisnis laundry sepatu muncul.

“Pertama niatnya untuk tugas kuliah aja dulu, setelah itu baru dengan modal dari uang partime saya dulu Rp 250 ribu beli peralatan seadanya yaudah akhirnya terus berjalan, alhamdulillah dari 2017-2021 sudah berjalan hampir 4 tahun,” ungkapnya.

Sekarang bisnis Andi sudah punya showroom sendiri di Depok dengan 2 karyawan. Tak hanya menyediakan jasa laundry sepatu, tapi produk cuci sepatunya juga ramai dipesan pelanggan.

Tak hanya itu, Andi sekarang juga ingin memperluas bisnisnya dengan menjual sistem lewat franchise dan mitra. Saat ini, ia sudah membuka 1 franchise di Ambon.

“Yang di Ambon itu kita start-nya dari Rp 8,5 juta itu sudah full, kalau yang mitra lebih murah mulai dari Rp 2,5 juta,” tuturnya.

Dari franchise dan mitra ini tentu kemudian menjadi tambahan omzet lagi buat bisnis Andi. Ke depan, Andi ingin menggenjot lagi franchise dan mitra itu agar bisa tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, dari omzet-omzet tadi Andi juga berencana mengembangkan bisnis baru yakni laundry sofa.

“Harapan kita dan ini sudah jadi plan juga di tahun ini kayaknya kita mau buka untuk cuci sofa, karena cuci baju kan dah terlalu banyak, di mana-mana ada, saya suka peluang usaha yang orang jarang buka tapi minat banyak demand-nya tinggi, dan kayanya sekarang cuci sofa itu banyak yang minat,” imbuhnya.***