Bank Jago Kucurkan Pinjaman Kredit UMKM Rp50 Miliar

Sahabatukm.com – Bang Jago dan Akseleran sebuah Startup peer-to-peer (P2P) berkolaborasi untuk mengalirkan pinjaman kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM ).

Melalui kerja sama ini, Akseleran dan Bank Jago menyalurkan pinjaman sebesar Rp50 miliar yang akan dimulai pada Februari 2021.

Chief Financial Officer & Co-Founder Akseleran, Mikhail Tambunan mengatakan kerja sama ini sudah ditandatangani pada 3 Februari 2021 lalu.

“Kolaborasi dengan Bank Jago dari industri perbankan tentu akan meningkatkan visi kami untuk mempercepat pertumbuhan keuangan kemajuan bisnis UMKM di seluruh Indonesia,” katanya.

Kerja sama dengan Bank Jago memberikan pemberian kelembagaan yang memberi dukungan finansial kepada Akseleran.

Pada akhir 2020 lalu, Akseleran menjalin kerja sama dengan Pegadaian untuk mengalirkan kredit usaha sebesar Rp300 miliar.

Program ini akan disalurkan melalui skema channeling untuk peminjam yang memiliki agunan invoice financing.

“Produk pinjaman kami konstruksi masih tergantung pada invoice financing (60 persen) dan pre-invoice financing (40 persen) dengan menyasar semua sektor yang utamanya adalah infrastruktur, energi, kelistrikan, pertambangan, minyak dan gas, serta ada banyak retail atau rantai pasokan penting barang, ”ungkap Mikhail Tambunan.

Akseleran mengklaim secara keseluruhan sudah menyalurkan pinjaman usaha sebesar Rp1,9 triliun kepada lebih dari 2.500 peminjam. Mereka juga mengaku telah memiliki lebih dari 150.000 pemberi pinjaman.

Pada Januari 2020, Akseleran memenangkan Seri A senilai US $ 8,55 juta (sekitar Rp116 miliar) yang dipimpin oleh Beenext. Dana ini akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas tim, mengembangkan produk pinjaman, teknologi investasi, dan melakukan penetrasi lebih dalam ke pasar UMKM yang lebih luas. CEO Akseleran, Ivan Tambunan menyatakan Akseleran mengukur laba raih di tahun 2021. ***