Versi Gojek! Ini Primadona Bisnis Online 2021 yang Bakal Moncer

Sahabatukm.com – Gojek mengungkap deretan tren bisnis untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tahun 2021.

Dalam temuannya, bisnis kuliner masih akan menjadi primadona tahun ini.
Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung berkata sepanjang tahun 2020 97% konsumen melakukan transaksi digital untuk membeli makanan secara online.

Untuk bisnis kuliner, ada tiga jenis makanan yang diprediksi akan populer di tahun 2021.

“Kalau kita sorot lebih dalam lagi untuk kuliner, prediksi kami berdasarkan data-data, berdasarkan pembelajaran dari mitra usaha, akan ada tiga jenis usaha makanan yang akan diminati oleh konsumen yaitu kotak makanan penutup, menu berbahan dasar Milo sama rice bowl,” kata Novi dalam melalui pers virtual, Selasa (9/2/2021).

Sementara itu, UMKM juga harus lebih gencar dalam melakukan pemasaran dan promosi untuk menggaet konsumen baru. Konsumen Indonesia memang gemar akan diskon tapi ada tiga jenis diskon yang paling sering digunakan yaitu diskon produk (53%), promo ongkos kirim (30%) dan diskon total belanja (17%).

Untuk melakukan promosi, Novi menyarankan usaha untuk melebarkan pemasarannya melalui media sosial.

Gojek menemukan 42% pemilik usaha sudah meningkatkan kehadirannya di media sosial untuk promosi di tahun 2020.

“Dengan berbagai macam jalur komunikasi dan promosi memang menjangkau lebih banyak konsumen tetapi tanpa disadari itu akan menjadi pelaku usaha karena operasionalnya susah sekali,” kata Novi.

“Makanya kita lihat lagi ada alat yang dulu kita desain menjadi relevan di 2020 karena memang sangat dibutuhkan. Dengan Selly ada keyboard yang dapat membantu pelaku usaha, tidak hanya membantu operasional tapi juga terlihat profesional,” sambungnya.

Novi mengatakan insight-insight ini diharapkan bisa membantu UMKM agar tetap bertahan di tengah pandemi. Gojek juga akan tetap memberikan edukasi dan pelatihan kepada UMKM lewat komunitas yang ada.

“Dengan komitmen kami, kami optimis untuk 2021 meski mungkin tidak lebih mudah tapi mungkin kita akan lebih siap,” pungkasnya. ***