Maknyus, Resep Stabil Jualan di Masa Pandemi

sahabatukm.com – Menjaga kestabilan bisnis di masa pandemi merupakan salah satu tantangan yang harus dimiliki hanya oleh bisnis berskala besar tapi juga oleh para UKM.

Karena Pandemi itu, KoinWorks melihat salah satu kunci yang perlu diperhatikan pelaku UKM untuk menjaga stabilitas bisnis pada era normal baru di tahun 2021 ini adalah memperhatikan arus kas perusahaan. Hal ini karena memiliki pengelolaan arus kas yang baik, UKM tidak hanya dapat menjaga stabilitas bisnisnya, tetapi berbagai peluang pengembangan bisnis pun dapat diperoleh dengan lebih mudah.

Bernard Arifin, selaku Chief Operating Officer, KoinWorks menyebutkan, pada kartun manajemen keuangan merupakan hal yang sangat penting dimiliki tidak hanya oleh pebisnis, tetapi juga dalam hal urusan keuangan pribadi sekalipun

“Untuk bisnis itu sendiri, pengelolaan keuangan yang baik seperti salah satunya dengan & meningkatkan kelancaran arus kas bisnis dapat memberikan beberapa keuntungan seperti memprediksi kondisi kondisi shortfall pada bisnis, sebagai dasar pengambilan keputusan untuk hal-hal terkait bisnis, juga meningkatkan reputasi perusahaan yang terkait memiliki rencana untuk mengembangkan usaha baik melalui pengajuan kredit maupun kerjasama atau kolaborasi usaha. ” “ujarnya di Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Mengutip dari salah satu pelaku UKM, Jonathan Kho atau Om Botak pada acara Media Online KOINversation KoinWorks lalu, diketahui banyak pelaku UKM yang memiliki masalah dalam hal pembantuan kelancaran arus kas salah satunya diakibatkan dari masih seringnya mereka mencampur antara rekening dana pribadi juga rekening bisnisnya .

Padahal, modal dana pribadi & bisnis merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan bisnis, sehingga setiap pemasukan & pengeluaran dapat tercatat & terkelola dengan rapi dan memudahkan saat melakukan analisa kondisi bisnis apalagi dalam kondisi Pandemi.

Selain itu, tantangan lain yang masuk oleh UKM dalam organisasi kelancaran arus kasnya juga disebabkan oleh atau terlambatnya pembayaran faktur dari pelanggan, sehingga menyebabkan uang yang telah dikeluarkan sebagai modal usaha untuk memenuhi pesanan dari pelanggan tidak dapat dengan segera kembali digunakan untuk kebutuhan usaha.

Berangkat dari permasalahan tersebut, KoinP2P di Aplikasi Keuangan Super KoinWorks dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UKM untuk memperoleh pembiayaan melalui skema Faktur Pembiayaan seperti salah satunya melalui produk KoinInvoice dari KoinP2P.

Invoice Financing sendiri merupakan skema pembiayaan yang memanfaatkan invoice sebagai jaminan. Melalui skema ini, para pelaku UKM bisa mendapatkan fleksibilitas lebih dalam mengelola arus kasnya.

KoinWorks sebagai platform Super Financial App yang fokus menghadirkan berbagai inovasi & solusi finansial bagi para pelaku UKM pun memiliki beberapa produk lain yang dikembangkan dari permasalahan UKM terkait pengelolaan cash-flow bisnis tersebut.

Salah satunya melalui produk KoinGaji yang dikembangkan dari kebutuhan dari para pelaku usaha untuk memberikan tambahan benefit bagi karyawan dengan kemudahan mencairkan gajinya lebih awal atau salary advance, tanpa mengganggu cash-flow perusahaan, terutama apabila total jumlah pengajuan pencairan gaji oleh para karyawannya mencapai nilai yang cukup besar.

“KoinWorks sendiri saat ini juga tengah menyiapkan solusi finansial terbaru bagi para pelaku UKM Indonesia yang memungkinkan para pelaku UKM untuk dapat mengakses layanan keuangan yang terintegrasi & mulus dengan berbagai tambahan manfaat terutama dalam hal pengelolaan keuanganbisnis, transaksi digital hingga meningkatkan kesempatan UKM untuk memperoleh akses pembiayaan hingga 10 kali lipat, terungkapnya info terbaru, “tutupnya. ***