Go Ekspor! Sambal Produk UKM dari Indonesia

sahabatukm.com – Sambal Produk Usaha Kecil Menengah atau UKM bukan hanya dijual di dalam negeri saja, beberapa pelaku usaha bahkan serius hingga ekspor.

Salah satu khas Indonesia adalah sambal. Ya, inilah awal mula Gilang, pemilik Sambal Gibana mengekspor produknya ke Singapura.

Gilang mengatakan meski menggunakan alat-alat yang sederhana, jika di proses dengan ilmu yang tepat maka akan menghasilkan produk industri yang berkualitas nantinya yang akan siap di kirim dalam atau luar negeri, yakni sambal Gibana.

Awal mula usaha Gilang merintis bisnis di bidang kuliner berasal dari ibu nya sendiri yang gemar berbisnis makanan. “Saat itu ketika menjual ayam bakar, mendapat banyak permintaan dari para pelanggan yang meminta-minta untuk menjual sambal secara terpisah. Dari situ lah, ibu mulai suka memproduksi Sambal Gibana yang diproduksi dan di kemas dengan sangat sederhana, masih tanpa label, ”ungkap Gilang.

Nama Gibana muncul dari anggapan, yang merupakan gabungan nama anak-anaknya (Gilang, Bagas, Nabila).

Gilang merupakan Sarjana Teknologi Pangan IPB, dirinya belajar banyak tentang ilmu bagaimana membuat makanan yang berkualitas tetapi tetap tahan lama. Pada 2017 akhir, tepat saat Gilang lulus kuliah, ia mulai belajar tentang bisnis itu dengan ibu nya ke arah yang lebih serius.

“Saat itu saya ingin bisnis sambalnya diteruskan. Mulai saat itu lah cara pengemasan sambal di percantik untuk dapat di distribusikan kepada konsumen hingga saat ini, ”jelasnya.

Gilang memberanikan diri untuk mengekspor bisnis sambalnya ke luar negeri bersama Rinaldi.

Pertemuannya berawal dari salah satu kelas ekspor yakni #EksporItuMudah yang merupakan kelas pelatihan dari komunitas penggerak OK OCE, Yayasan Rumah Insani 37 khusu ekspor.

Awal mulanya, pak Rinaldi tertarik dengan produk bisnis yang dijalankannya. Hal ini karena Sambal Gibana dibuat tanpa bahan pengawet serta tidak hanya sebatas sambal, dapat juga dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat nasi goreng dan makanan lainnya. Hal lain yang membuat produk sambal nya dapat di ekspor yaitu pada pemilihan produk yang tepat, khususnya dari sergi harga yang tepat.

Gilang kini telah memiliki beberapa reseller untuk produknya, salah satunya adalah Rinaldi.

Tidak hanya itu, Rinaldi juga membagikan tips kiat sukses untuk menjadi reseller. Tips Simak Sukses Menjadi Reseller:

1. Selalu cari tahu tentang kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan masyarakat

2. Lakukan komunikasi yang intens dengan distributor

3. Jangan takut memberi saran produk pada pihak produsen jika ada kekurangan-kekurangan