One Pesantren One Product

SAHABATUKM.com– Selain mengunjungi Pontren Al Ma’shum Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Drs. Kusmana Hartadji, MM beserta rombongan melanjutkan Monitoring dan evaluasi program One Pesantren One Product (OPOP) ke Pontren Al Amin Hajar Sani Kp Irigasi Desa Legok Muncang Kec Ciwidey Kab Bandung Jumat (15/1).

Pontren Al Amin merupakan salah satu Pontren yang masuk 30 besar OPOP 2020. Menjadi Juara II tingkat Kabupaten (Audisi Tahap II) Kategori Scaleup berhak atas bantuan usaha Rp 150 juta ditambah Rp 35 juta (audisi tahap I). Pesantren ini bergerak disektor agrobisnis terutama stawberry dan slada air.

Pimpinan Pontren Ahmad mengatakan, program OPOP sangat dirasakan manfaatnya oleh pasantren. Pesantren semakin berdaya dan ekonomi pesantren pun meningkat. Ilmu yang didapat selama pelatihan dan magang serta pendampingan oleh para pendamping sangat dirasakan manfaatnya oleh pesantren.

“Jujur berkah OPOP banyaknilmu yang saya dapatkan. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ridwan Kamil dan Bapak UU atas program OPOP yang banyak membantu Pontren untuk mandiri secara ekonomi. Uang bantuan usaha sebesar Rp 185 juta digunakan pontren untuk pengembangan bisnis pesantren,” katanya. (sen/dikuk.jabar))