Berdayakan Pedagang Melalui Outlet Binaan Alfamart

SAHABATUKM.com – Dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) telah memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta pedagang tradisional melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA) dengan sistem keanggotaan.

Teknisnya, Member Relations Officer (MRO) Alfamart akan mendata dan mengajak pedagang tradisional di sekitar toko, untuk bergabung menjadi member OBA.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin menjelaskan, member akan memperoleh berbagai kemudahan seperti penyediaan pasokan barang berkualitas, serta dapat memesan barang ke Alfamart dengan harga spesial yang disubsidi oleh perusahaan, dan diantar oleh MRO.

Pedagang juga diajak mengikuti pelatihan manajemen ritel modern, terkait teknik menata barang, pengetahuan produk, cash flow, hingga melayani konsumen. Perusahaan juga memberikan bantuan bedah warung untuk mempercantik tampilan fisik warung.

“Semoga ilmu yang didapat bisa diaplikasikan dalam usaha mereka sehari-hari sehingga usahanya dapat berkelanjutan,” terang Solihin.

Program OBA telah diaplikasikan di berbagai kota yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, dan Lombok. “Hingga Juli 2015, jumlah member OBA aktif mencapai 64.669 pedagang, serta 273 penerima bantuan bedah warung,” paparnya. (*/sen)