Donat Madu Cihanjuang, Bisnis Rumahan yang Jadi Waralaba

sahabatukm.com – Bisnis donat terbilang menjanjikan. Hal ini berlaku bagi Donat Madu Cihanjuang.

Berangkat dari iseng-iseng bisnis rumahan, kini Donat Madu Cihanjuang memiliki belasan cabang dan sukses menjual ratusan donat per hari.

Donat asal Ciamis ini merupakan donat madu dengan topping yang beragam dan bervariasi bentuknya.

Pembeda Donat Cihanjuang dengan donat yang lain adalah penggunaan madu pada bahan adonan.

Donat Madu Cihanjuang memiliki konsep atau slogan “Donat Kreatif yang halal dan sehat”.

“Madu sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh. InsyaaAllah, kami selalu amanah dalam menjalankan usaha ini dan memberikan produk yang halal dan sehat untuk konsumen,” jelas Revaliana, Tim Kreatif dan Marketing Donat Cihanjuang kepada Kompas.com Kamis, (21/1/2021).

Varian rasa yang ditawarkan cukup banyak. Ada donat topping cokelat, selai stroberi, blueberry, green tea, cappuccino, pisang, avokad, lemon, melon, tiramisu, vanila, taro, dan meses.

Selain itu, Donat Madu Cihanjuang melayani donat dengan topping kreatif yang unik sesuai pesanan pelanggan. Topping karakter animasi, kartun, benda, dan ucapan misalnya.

Perjalanan bisnis Donat Madu Cihanjuang
Saat hendak memulai usaha bisnis Donat Madu Cihanjuang, salah satu alasannya karena donat adalah kudapan yang digemari oleh hampir semua kalangan.

“Mengapa donat, karena salah satu makanan atau camilan yang banyak digemari dan masuk ke semua kalangan,” papar Revaliana.

Revaliana menjelaskan, pada awalnya bisnis ini dari membuat donat di rumah. Donat tersebut akhirnya dibagikan ke tetangga, dan mendapatkan respons cukup baik.

Dari sana setiap kritikan dan masukan diterima demi menciptakan kualitas donat yang lebih baik.

Kemudian setelah berjalan 10 tahun, Donat Cihanjuang sudah dikenal dan memiliki banyak cabang. Kini dalam sehari Donat Cihanjuang bisa menjual ratusan donat.

“Untuk di pusat sendiri terjual rata rata 600 pcs per hari, tetapi itu variatif di beda-beda outlet. Alhamdulillah, tanggapan masyarakat menerima kehadiran donat madu, dan senang dengan topping kreatif yang dikeluarkan oleh Donat Madu Cihanjuang,” papar Revaliana.

Cara membeli Donat Madu Cihanjuang
Donat Cihanjuang melayani pembelian melalui offline store yang sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Layanan online juga sudah tersedia seperti ojek online dan e-wallet di beberapa outlet.

Pusat Donat Cihanjuang berlokasi di Jalan Cihanjuang No. 166A/174, Cimahi, Jawa Barat.

Cabang Donat Cihanjuang yang berupa waralaba tersebar di beberapa kota di Indonesia. Ada di kawasan Jabodetabek.

Ada juga di Sumatra seperti Aceh, Jambi, Padang, dan Palembang. Lalu di Sumedang, Tasikmalaya, dan kota di Jawa Barat lainnya.

Kemudian juga ada cabang di Jawa Tengah seperti Solo, Klaten, Magelang, Majalengka, Sragen, dan Salatiga. Kemudian juga ada di Yogyakarta.

Tak ketinggalan juga ada di Jawa Timur, beberapa di Kota Madiun, Magetan, Ngawi, Tuban, dan Ponorogo. Lalu ada juga di Provinsi Kalimantan seperti di Pontianak, Banjarmasin, dan Tanah Laut.

Donat Madu Cihanjuang menerapkan beberapa protokol kesehatan untuk para karyawannya.

“Untuk di pusat melaksanakan protokol kesehatan seperti yang diterapkan oleh pemerintah. Dan kami juga menganjurkan kepada semua outlet dan juga konsumen,” papar Revaliana.

Harga donat di Donat Madu Cihanjuang mulai dari Rp 6.000 untuk ukuran single atau satu donat sampai Rp 60.000 untuk setengah lusin donat custom.

“Itu untuk kisaran harganya karena per outlet harganya berbeda-beda,” tambah Revaliana.***

Sumber: kompas.com