Kisah Jeff Bezos Orang Terkaya Dunia yang Berawal dari Jualan Buku di Garasi

sahabatukm.com – Kesuksesan Jeff Bezos tidak datang secara instan. Ada banyak hal yang dia lalui sehingga bisa menyandang titel orang terkaya di dunia.

Kekayaan pemilik Amazon.com ini mencapai US$ 188.4 miliar melansir dari Forbes (28/1/2021). Di urutan kedua ada pemilik Tesla, Elon Musk, dengan kekayaan sebesar US$ 186.6 miliar.

Bezos mengawali Amazon.com dari garasi rumahnya dan fokus menjual buku. Berkat kegigihannya, Jeff Bezos mampu mengembangkan Amazon menjadi sebesar sekarang.

Bagi Anda yang mengagumi Jeff Bezos, mungkin kisah hidupnya bisa menjadi inspirasi.

Jeff Bezos dan ayahnya Mike Bezos

Kelahiran Jeff Bezos
Bezos lahir dari seorang ibu yang masih remaja bernama Jacklyn Gise Jorgensen. Melansir dari Biography.com, Bezos lahir di Albuquerque, New Mexico pada 12 Januari 1964.

Orang tua biologis Bezos hanya menikah kurang dari setahun. Ibu Jeff Bezos kemudian menikah dengan seorang imigran asal Kuba, Miguel “Mike” Bezos, saat Bezos berumur 4 tahun.

Kemudian Mike mengadopsi dan mengganti keluarga Jeff dengan Bezos.

Cerdas sejak masih kecil
Bersumber dari Business Insider, kecerdasan Bezos sudah tampak saat dia masih kecil. Saat masih balita, Jeff Bezos sudah bisa membongkar tempat tidur bayinya karena ingin tidur di tempat tidur sungguhan.

Di masa SMA, Jeff Bezos mengembangkan sebuah institut bernama Dream Institute. Institut ini merupakan wadah untuk mengembangkan cara berfikir kreatif remaja.

Dream Institute merupakan bisnis pertama yang didirikan Bezos bersama pacarnya.

Mengambil jurusan ilmu komputer dan teknik elektro di Universitas Princeton, Bezos lulus tahun 1986 dengan predikat summa Cum Laude.

Awal karir
Setelah lulus dari universitas, Bezos mengawali karirnya di beberapa perusahaan di Wall Street.

Mengutip Biography.com, tercatat Bezos pernah bekerja di Fitel, Bankers Trust, dan perusahaan investasi D.E. SHaw. Bahkan Bezos berhasil menjadi vice president termuda di D.E. Shaw pada tahun 1990.

Jeff Bezos mengawali Amazon.com

Merintis Amazon.com
Kisah inspiratif Bezos sebagai pengusaha dimulai setelah dia keluar dari D.E. Shaw pada tahun 1994.

Melansir Encyclopedia Britannica, Bezos kemudian pindah ke Seattle, Washington, dan membuka toko buku virtual.

Bezos memulai bisnisnya di garasi dengan dibantu beberapa orang pegawai. Bisnis ini diberi nama Amazon dan berhasil menjual buku pertamanya pada Juli 1995.

Amazon.com berhasil melejit dalam waktu singkat. Dalam kurun waktu sebulan, ada banyak buku yang terjual di seluruh Amerika dan 45 negara lainnya.

Yang mengejutkan, pencapaian ini diraih dengan promosi yang tidak terlalu banyak. Dalam waktu dua bulan, penjualan di Amazon.com mencapai US$20.000 seminggu.

Pada tahun 1998, Amazon.com mulai menjual CD dan kemudian menambah video. Bezos mulai merambah ke toko virtual lainnya dengan berinvestasi pada tahun 1999.

Diawal tahun 2000an, mengutip Business Insider, terjadi kehancuran dot-com. Banyak analis yang memprediksi Amazon akan mengalami kehancuran, tetapi yang terjadi malah sebaliknya.

Amazon berhasil melalui kehancuran tersebut dan berkembang menjadi salah satu startup yang berkembang pesat.

Bisnis lainnya
Selain Amazon.com, mendirikan sebuah perusahaan penerbangan angkasa, Blue Origin. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2000.

Pada tahun 2013, bersumber dari Encyclopedia Britannica, Bezos membeli The Washington Post seharga US$250 juta.

Pada tahun 2018, kekayaan Jeff Bezos terhitung mencapai US$112 miliar. Kekayaan Bezos semakin meningkat meski sebagian saham Amazon.com diberikan pada mantan istrinya MacKenzie Bezos.

Jeff dan MacKenzie Bezos menikah pada tahun 1993. Setelah lebih dari 20 tahun menikah, mereka bercerai pada Januari 2019 lalu.***